Minggu, 17 Oktober 2021

Danshi Koukousei de Urekko Light Novel 1 Kata Penutup

KATA PENUTUP
(SIGSAWA SPECIAL JILID 1)

Halo semuanya. Ini adalah si penulis Keiichi Sigsawa. Terima kasih telah membeli karya baru yang diterbitkan ini—

‘Aku anak laki-laki SMA dan penulis Novel Ringan Terlaris, dicekik oleh teman sekelasku yang merupakan juniorku dan aktris pengisi suara I — Time to Play, Bagian Pertama’.

Judul buku ini sangat panjang sehingga tidak ada satu baris pun yang dapat memuatnya. Yah, karena sudah begitu lama, saya seharusnya menjejalkan semuanya menjadi dua baris. Bisakah saya menjejalkannya menjadi 2 baris saja? (Catatan cabang editorial: Silakan mulai dengan kata penutup).

 

‘Aku anak SMA dan penulis Novel Ringan Terlaris, dicekik oleh teman sekelasku yang merupakan juniorku dan aktris pengisi suara I — Time to Play, Bagian Pertama’. (Judul ini panjang, jadi saya akan menyingkatnya menjadi ‘cerita ini’ mulai sekarang)

Ini adalah seri baru yang saya rilis setelah sekian lama.

Omong-omong, saya sudah menjadi penulis selama 14 tahun, tapi dalam hal novel, saya hanya berhasil menulis dua seri yang termasuk ‘Kino’s Journey’ (dan ‘Kino’s School’. Tidak ada keberatan yang diizinkan’, ‘Allison’ (termasuk sekuel ‘Lillia and Treize’, ‘Meg and Seron’, ‘Semua cerita dalam seri Story of A Large Continent’. Bahkan saya terkejut dengan itu. Jilid pertama ‘Allison’ diterbitkan pada tahun 2002, sedangkan jilid pertama “Aku anak SMA dan penulis Novel Ringan Terlaris, (dll)” sebenarnya adalah seri yang benar-benar baru yang dirilis 12 tahun kemudian. Mengejutkan bahwa sudah 12 tahun. Seluruh zodiak telah berlalu!

Dan dengan demikian, seperti biasa, tidak apa-apa untuk membaca ‘kata penutup’ dari jilid ini seperti biasa karena tidak mengungkapkan alur apa pun. Tapi, bolehkah kalau alurnya sudah mengungkapkan banyak hal dalam judulnya…? Yah, mau bagaimana lagi.

 

Nah, sekarang saatnya untuk kata penutup, jadi tolong izinkan saya untuk sedikit lebih bersemangat dalam membahas cerita ini. Karena saya seorang penulis, saya sangat akrab dengan pekerjaan ini.

Ide asli dari cerita ini dibentuk sekitar 4 tahun yang lalu dari sekarang, dengan kata lain, dari tahun 2010. Saat itulah saya pertama kali muncul dengan alur cerita untuk cerita ini, dan itu adalah 30 Maret.

Tentu saja, saya membuat file alur karena ‘Saya memikirkannya’, dan itu berasal dari ‘mimpi’ (Mimpi di sini secara alami merujuk pada apa yang dilihat semua orang ketika mereka tidur).

 

Ada mimpi yang saya punya sejak menjadi penulis.

Bagaimana rasanya bagi saya,

“Aku berada di teman sekelas SMA (atau perguruan tinggi), dan aku tidak bisa bergaul dengan teman-teman sekelasku karena aku sudah lama tidak sekolah, jadi aku hanya bisa merasa terisolasi dan kesepian. Tapi (karena alasan tertentu), karena aku seorang penulis,

“Tidak apa-apa. Lagi pula aku seorang penulis!”

Itulah yang selalu saya gumamkan untuk menghilangkan kesepian saya.

Saya kira semua orang dapat menceritakan dari episode yang mengharukan dan singkat ini betapa jauhnya saya dari menjadi ‘Pemenang dalam Kehidupan’ selama masa mahasiswa saya, dan tidak ada yang dapat saya banggakan tentang diri saya sampai saya menjadi seorang penulis. Saya jelas tidak menangis di sini.

 

Namun, hanya pada hari ini (30 Maret 2010) mimpi ini sedikit berbeda. Tidak ada yang tahu bahwa saya seorang penulis, tapi ada satu siswi yang tiba-tiba berbicara kepada saya.

Saya lupa kalimat tepatnya, tapi dia berkata,

“Aku pengisi suara, dan aku tahu identitasmu yang sebenarnya!”

Begitu rahang saya jatuh (terdiam) karena kaget, saya membuka mata.

Saya bangun, dan mengirimi diri saya pesan menggunakan telepon yang diletakkan di bantal.

“Sebuah cerita tentang seorang anak laki-laki SMA sebagai seorang penulis yang rahasianya diketahui oleh teman sekelas perempuannya yang bekerja sebagai pengisi suara!”

Ya, itulah saat ketika cerita itu lahir.

 

Begitu sampai di ruang kerja, saya langsung duduk di depan komputer.

File yang saya buat berjudul ‘Seorang penulis anak SMA (file dasar)’, dan dibuat pada pukul 12.36 siang, 23 detik, pada 30 Maret 2010 (yah, jam komputer akan berbeda beberapa menit atau lebih.).

Biasanya, saya akan tidur sampai siang… jadi saya benar-benar baru saja bangun saat itu. Tolong jangan meniru gaya hidup penulis profesional. Ini dapat merusak tubuh Anda.

Lalu, menggunakan mimpi itu sebagai dasar, saya terus menambahkan ide-ide yang saya pikirkan. Saya mengunjungi kembali buku harian itu hari itu. (Biasanya saya akan memasukkan entri buku harian saya ke komputer setiap hari), dan saya menemukan bahwa saya memang mencatat hal seperti itu. Berikut ini yang saya salin dari entri:

 

Itu adalah mimpi saya sebagai siswa SMA, mimpi yang jauh berjalan menuju SMA saya.

Saya sering memimpikan ini, tapi kali ini berbeda; muncul seorang gadis yang bekerja di industri akting suara.

Jadi saya memikirkan sebuah cerita, dan mencatatnya.

 

Juga, saya memang meninggalkan pesan ini di twitter. Saat itulah saya menyalinnya juga.

 

Saya dengan cepat menutupi gagasan tentang mimpi yang saya lihat, dan meskipun saya tidak tahu cara menulis, saya pikir itu menarik (atau itulah yang saya pikirkan). Kejadian seperti itu biasa terjadi, jadi saya sering memasang semacam alat perekam di samping bantal. Begitu saya bangun, saya akan segera mengirim pesan kepada diri saya sendiri.

 

Jika saya belum pernah melihat mimpinya saat itu dan mencatatnya—

Cerita ini tidak akan terjadi. Mayoritas orang yang tahu isi cerita dan membaca judulnya mungkin akan berpikir,

“Hei, hei, Sigsawa! Kau hanya ingin menulis ‘mimpi’-mu sebagai cerita, kan?”

Bahkan, ya, inspirasi datang dari mimpi saya! Itu karena ini berdasarkan pada mimpi saya sehingga saya bisa menulis cerita seperti mimpi! Jika ada kategori di wikipedia yang disebut ‘sebuah karya yang dikarang oleh penulis dalam mimpi’, harap tambahkan karya ini ke dalam kategori! Ya, saya akan menyerahkannya pada Anda!

Sebagai tambahan pencegahan, saya akan menyatakan sebelumnya bahwa basis protagonis bukan saya. Saya tidak bisa menulis satu novel pun di SMA. Protagonis ini hanyalah aspirasi saya, latar ‘mirip mimpi’. Terus terang saja, saya akan mengatakan bahwa cerita itu sendiri adalah sebuah fantasi, lebih fantastik daripada ‘Kino’s School’.

Namun, setiap kali saya menyebut profesi seorang penulis atau Dengeki Bunko dalam karya ini, saya akan menggunakan berbagai pengalaman saya.

“Eh! Jadi penulis novel ringan akan berkolusi secara diam-diam dengan staf editorial Dengeki Bunko!”

Saya akan sangat senang jika semua orang bisa berpikir seperti ini setelah membaca cerita ini (Cabang editorial: tidak bisakah Anda menggunakan cara lain yang ramah untuk menyatakan ini?)

Saya harus mengklarifikasi lebih lanjut bahwa basis heroine tidak ada. Saya memang melakukan pencarian melalui internet ketika memutuskan namanya untuk menghindari melibatkan aktris suara yang sebenarnya, dan inilah alasan mengapa saya memilih nama yang langka dan tidak dapat diucapkan ini. Jika benar-benar ada pengisi suara aktor atau aktris pemula dengan nama yang sama, saya minta maaf dalam-dalam! Ijinkan saya menggunakan kesempatan ini untuk meminta maaf kepada Anda! Maafkan saya!

 

Cerita ini sebenarnya ditulis mulai Agustus 2013. Dengan kata lain, saya memiliki ide pembuatan ini selama lebih dari 3 tahun,

Alur pertama yang saya pikirkan saat itu benar-benar berbeda dari yang di sini! Sangat berbeda.

Saya benar-benar tidak ingat kapan itu (saya tidak mencatat ini dalam catatan), tapi ceritanya berubah begitu saja. Untuk menghindari pengungkapan alur, saya benar-benar tidak bisa mengatakan perubahan seperti apa yang terjadi dalam cerita… dan cerita yang terjadi berakhir seperti ini setelah saya membuat ini begitu lama.

Nah, mengapa saya benar-benar mulai menulis cerita ini begitu tiba-tiba—

Saya pernah memiliki firasat bahwa novel ringan dengan protagonis menjadi novelis ringan akan terus meningkat. Lalu, meskipun saya tidak menyatakan contoh, ada peningkatan dalam karya-karya seperti itu, dan itu telah menjadi tren baru-baru ini.

Melihat ini, itu akan menjadi genre baru dengan sendirinya, seperti ‘sekolah-sekolah dengan kemampuan unik’, ‘raja iblis’ dan ‘adik perempuan’.

Tragisnya, saya memikirkan hal ini tiga tahun yang lalu, tapi kemungkinan orang berpikir saya hanya mendapatkan mode ini nanti! Sekarang saatnya mempublikasikannya! Jangan buang-buang waktu!

Begitulah—dan tiba-tiba saya memutuskan untuk menulisnya dengan sangat cepat. Terakhir kali saya menulis begitu banyak dan begitu lama mungkin ketika saya mengirimkan entri saya untuk ‘Kino’s Journey’. Betapa indahnya.

Akhirnya, ketika saya selesai, saya menemukan bahwa jumlah halaman jauh melebihi harapan saya, jadi apa yang seharusnya dirangkum dalam satu jilid akhirnya dibagi menjadi dua. Saya minta maaf karena tidak merencanakan ini dengan seksama sebelumnya.

Tanggal publikasi berikutnya mungkin adalah hari ketika Bumi berotasi 60 kali dari sekarang (Catatan cabang editorial: Tidak bisakah Anda mengungkapkannya dalam ‘dua bulan kemudian’?). Masih ada waktu, jadi silakan duduk dengan perut Anda terangkat dan menunggu (Catatan cabang editorial: keseimbangan tubuh Anda akan mati jika Anda tidak melatih otot punggung Anda pada saat yang sama),

 

Kata penutup dari Bagian Pertama ini berakhir di sini. Maaf saya menjadi 32% lebih serius dari biasanya (dibandingkan dengan saya sendiri). Izinkan saya untuk menyatakan sebelumnya bahwa tidak ada kelanjutan kata penutup di dalam sampul; periksa sekitar untuk melihat apakah memang ada.

Sampai jumpa di jilid berikutnya, ketika bagian kedua diterbitkan pada bulan Maret!

Januari 2014, Keiichi Sigsawa.

Halo, ini Kouhaku Kuroboshi.

Karya baru Tn. Sigsawa akhirnya debut!

Nah, untuk menjelaskannya,

Itulah bakatnya,

Dan tentu saja itu memberikan perasaan akan sesuatu

Itu tidak bisa diringkas begitu saja!

Saya juga mengerahkan perhatian dan membacanya sekaligus.

 

Harap tunggu sebentar untuk jilid selanjutnya.


0 Comments:

Posting Komentar

Followers